Sunday, September 24, 2017

Langkah Merpati Terbang Pulang Sarang Tersingkap

Langkah Merpati Terbang Pulang Sarang Tersingkap

Nyatanya langkah merpati terbang pulang sarang nya tersingkap, bukanlah anjing saja yang mempunyai daya penciuman tajam, burung dara juga memercayakan penciuman untuk mengendus jalan pulang. Hal tersebut tersingkap dalam satu penelitian beberapa peneliti Italia yang tertarik pada kekuatan burung dara kembali pada tempat tinggal dari tempat berjarak beberapa ratus km. hingga digunakan untuk kirim pesan bahkan juga menyelundupkan narkoba.

Langkah Merpati Terbang Pulang Sarang Tersingkap

Beberapa peneliti itu peroleh bukti kalau burung-burung itu memercayakan satu dari dua lubang hidungnya untuk temukan tempat tinggalnya. Dalam Journal of Experimental Biology, tim itu memberikan laporan kalau merpati yang disumbat lubang hidung kanannya tidak dapat membuat peta bau untuk memandunya dalam perjalanan.

Burung dara tempat tinggal yaitu kerabat merpati karang yang didomestikasi serta mempunyai kekuatan perasaanah untuk temukan langkah pulang ke sarang mereka sesudah meniti perjalanan jauh. Burung domestik disilangkan untuk menyempurnakan kekuatan itu, menolong mereka temukan kandang tempat mereka dijaga.

Beberapa penelitian terdahulu mengungkap kalau saat bertengger dalam kandang, burung-burung itu pelajari arah dari tempat mana semua aroma berasal. Burung dara tempaknya mengkonstruksikan satu peta mental dari beragam bebauan ; satu peta yang cukup akurat memandu mereka mencari arah tempat tinggal hingga mereka temukan landmark lokal.

Dalam penelitian itu, beberapa ilmuwan menyumbat satu diantara lubang hidung, kanan atau kiri, merpati yang dijaga diluar kota Pisa. Mereka melepas burung dari Cigoli, 40km dari Pisa, serta ikuti rute kepulangan burung memakai alat pelacak GPS.

Dengan mengkaji jalur penerbangan burung itu, Anna Gagliardo serta timnya di Dipartimento di Etologia, Ecologia ed Evoluzione, Universitá di Pisa, Italia, bisa lihat kalau merpati yg tidak bisa bernafas lewat lubang hidung kanannya ambil jalur yang lebih berliku-liku. " Burung itu juga seringkali berhenti dari pada burung yang disumbat lubang hidung kirinya serta ambil rute lebih panjang untuk pulang, " tuturnya.

Penelitian beda memerlihatkan kalau merpati bisa rasakan medan magnetik bumi, buat mereka mempunyai seperti kompas internal untuk memandu penerbangan. " Bau yaitu panduan perlu yang buat mereka mengerti tengah ada dimana dan jalan menuju tempat tinggal, " kata Gagliardo.

No comments:

Post a Comment